Sekilas Batu Bacan Dan Khasiatnya

ASAL NAMA BATU BACAN 

Nama batu bacan diambil dari nama Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Batu ini merupakan batu perhiasan penting pada masa kesultanan Bacan, Jailolo, Tidore dan Ternate. Batu ini memilikik nama ilmiah Kriskola. Batu Bacan Doko berasal dari nama desa tempat pertama kali batu ini di temukan yaitu di Desa Doko, Kepulauan Kasiruta, Halmahera, Maluku Utara.  Batu ini memiliki beberapa warna warna yang khas, seperti dari hijau bening hingga gelap. Demikian sama Batu Bacan Palamea. Diambil dari nama desa tempat pertama kali batu ini diambil, yaitu di Desa Palamea, Kepulauan Kasiruta. Batu Bacan Palamea berwarna hijau muda kebiruan. Komposisi kandungan kapur (Chrysocolla) Bacan Palamea lebih banyak dibandingkan dengan Bacan Doko (sumber: Wikipedia).

Ada yang mengatakan bahwa perubahan batu bacan dari hijau kegelapan atau biru gelap menjadi lebih terang sehingga harganya jadi lebih mahal. batu bacan dari dulu hingga kini menjadi batu yang paling diburu oleh para kolektor dan pecinta batu akik nusantara dan menjadikan batu ini menjadi bagian gaya hidup. Selain di Indonesia, batu jenis ini ada di Taiwan dan disebut blue jade dan jade yang berwarna hijau. Untuk itu bacan Doko maupun bacan Palamea sering disebut Giok Indonesia. Beberapa waktu terakhir ini batu bacan banyak diminati oleh banyak kalangan dalam negeri maupun luar negeri. 

Khasiat Batu Bacan

Batu bacan sudah dikenal luas sebagai salah satu batu permata alam yang mempunyai nilai estetika yang tinggi dan diyakini bisa membawa berkah atau hoki bagi pemiliknya. Batu Bacan juga diyakini dapat membawa keselamatan bagi pemakainya dan khasiat lainnya yang tersembunyi, dapat memperkuat jantung dan mata,meningkatkan konsentrasi, menghindari pemakainya dari mimpi buruk, menolak penyakit, menolak bala, memperkuat relasi, menambah kewibawaan dan lain sebagainya.Wallahu A'lam. Lebih lengkapnya ada baiknya anda baca juga Hakikat Pemakaian Batu PermataKhasiat Batu Permata dan Sekilas Tentang Batu Akik.

Lihat Artikel tentang >> Batu Sungai Dareh. Tips Agar Batu Kalsedon Lebih Kinclong.


Bacan Doko




Bacan Palamea


Posting Komentar